PENGARUH MEDIA KOMIK DI MADING TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM KARYA SENI
Keywords:
Kreativitas, Pendidikan, MadingAbstract
Pendidikan adalah upaya yang disengaja dan terstruktur untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses pengajaran. Tujuan dari sebuah Pendidikan ialah agar anak-anak dapat memiliki kemampuan menjadi pribadi yang baik, kecerdasan secara moral, dan juga memiliki keterampilan yang bermanfaat. Dalam pendidikan juga membutuhkan kreativitas. Karena masalah yang ada pada saat ini ialah penurunan kreativitas siswa, dengan itu Peneliti melakukan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penggunaan media komik di papan informasi dalam pelajaran seni budaya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa, sampel tersebut hasil dari perhitungan menggunakan rumus slovin, sampelnya adalah siswa/i kelas 5 sekolah dasar di Desa Kertawinangun. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang mengumpulkan data melalui angket / quesioner. Pernyataan atau pertanyaan dalam angket disusun dalam bentuk kalimat positif dan negatif. Lalu Responden merespon dengan memberi symbol centang (√) pada kolom yang mencerminkan keadaan, pendapat, juga keyakinan mereka. Lalu setelah mendapat data, data tersebut diuji normalitas dan uji hipotesis (uji t) menggunakan SPSS, Statistik Uji Normalitas pengaruh media komik di mading terhadap kreativitas siswa mendapatkan data yang menunjukkan bahwa nilai statistik Kolmogorov-Smirnov adalah sebesar 0,076, df sebesar 76 dan signifikan atau sig. sebesar 0,200 uji ini dapat dikatakan normal karena sig. 0,200 > 0,05. Statistik uji t pengaruh media komik di mading terhadap kreativitas siswa memperoleh data bahwa nilai t (nilai mutlak) sebesar -2,909, df sebesar 75, sig. (2-tailed) sebesar 0,005, mean difference sebesar -2,80671, lower sebesar –4,7288 dan upper sebesar -0,8846.